Efektivitas Pelayanan Publik Online Situs Web www.garutkab.go.Id

  • Yusuf Hermawan Faculty of Social and Political Sciences of Garut University
  • Ade Purnawan Faculty of Social and Political Sciences of Garut University
  • Riska Nurnafajrin Faculty of Social and Political Sciences of Garut University
  • Nita Rika Lestari Faculty of Social and Political Sciences of Garut University
Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, Situs Web

Abstract

Dinas sebagai pemberi layanan dan penyedia informasi yang mudah, terpercaya, akurat dan bermartabat di bidang pelayanan jasa terhadap masyarakat baik secara administrative maupun non administrative. Yang kemudian di era akhir-akhir ini media interaksi pelayanan public pun sudah dapat dilakukan secara online. Maka pemberian layanan beralih dengan menggunakan Web sebagai media interaksi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat sebagai media pelayanan online. Situs www.garutkab.go.id milik pemerintah Garut yang memfasilitasi pemberian layanan dan penyedia informasi terkait pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah Garut, yang kemudian diharapkan memberikan kemudahan, kepercayaan, akurat dan bermartabat. Pada penelitian ini didapat ternyata pelayan public yang difasilitasi menggunakan Web ini belum efektif atau belum berhasil yang diukur dengan teori Sedamaryanti yang menyebutkan ada empat pengukuran efektifitas yaitu pendekatan sumber, pendekatan proses, pendekatan sasaran dan produktivitas. Sebagai hasil penelitian didapat pelayanan online ini belum ditunjang oleh sistem manajemen dan proses kerja yang efektif baik dari sumber, proses, sasaran dan produktivitas, seperti kesiapan peraturan yang sering berubah-ubah dan keterbatasan sumber daya manusia dari segi kualitas dan kuantitasnya, keamanan data dari situs web sehingga kemampuan informasi belum dikatakan aman, dan kemampuan masyarakat, jangkauan dari layanan publik yang dikembangkan untuk masyarakat juga menjadi terbatas mengakses jaringan internet. 

References

Faisal, A. R., & Jafar, S. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Employee Engagement (Studi Kasus di PT. Graha Sarana Duta Area IV Pamasuka dan Bali). Universitas Telkom.
Kania, I., Akbar, G. G., & Budiman, M. (2019). Causative Factors of Indonesia’s Rural Areas’ Low Funding. 343(2), 388–390. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/icas-19.2019.80
M. A Ramdhani, & Ramdhani, A. (2016). Penelitian Pemasaran (1st ed.). Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.
Rachmawati, I., Kania, I., & Juhana, U. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Ummi Press.
Sari, A. P. D. N., Djumlani, A., Bambang, & Irawan. (2014). Kinerja Aparatur Dalam Pelayanan Prima Di Kantor Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Jurnal Administrative Reform, 2(3).
Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Bumi Aksara.
Sudrajat, R. K. (2015). Efektivitas Penyelenggaraan E-Government Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik, 3(12), 2145–2151.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Triguno. (1997). Budaya Kerja, Menciptakan Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Golden Teravon Press.
Published
2021-08-02
Abstract viewed = 138 times
PDF downloaded = 252 times