Pelatihan Public Speaking
DOI:
https://doi.org/10.36624/jbm.v1i2.36Kata Kunci:
1. Public speaking 2. Komunikasi 3. PelatihanAbstrak
Peran pemuda sangat dibutuhkann pada perkembangan saat ini maupun masa
yang akan mendatang, namun saat ini banyak pemuda yang masih malu dan
tidak npercaya diri untuk berbicara didepan umum , oleh karenanya dibutuhkan
latihan tentang public speaking agar mereka mengetahui pentingnya
keterampilan sehingga dapat terbiasa berbicara di depan umum. Dengan adanya
pelatihan mengenai public speaking diharapkan pemuda mampu
mengungkapkan apa yang ingin dia sampaikan. Pelatihan public speaking di
dimulai harus dari sejak dini agar terbiasa dalam menyampaikan/mengungkapkan
informasi di khalayak banyak orang. Oleh karena itu tim FISIP UNIGA berinisiatif
untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak di Desa Cintarasa. Public
speaking bertujuan untuk melatih atau mengasah kemampuan anak-anak
berbicara di depan khalayak ramai, memupuk rasa percaya diri anak-anak,
mengajarkan anak-anak untuk berekspresi dan mengungkapkan apa yang ingin
dia sampaikan, melatih anak-anak secara bertahap mampu menjadi leader untuk
dirinya sendiri dan bagi teman-temannya. Pelatihan public speaking diikuti
oleh kelas 6 SDN 2 Cintarasa. Kegiatan ini diikuti oleh semua murid kelas
6 dengan mengikuti lomba membaca puisi. Latihan public speaking dan
persiapan lomba membaca puisi dilakukan di posko. Dalam kegiatan ini
metode yang dilakukan beragam dan tidak monoton. Pelatihan public
speaking mengajarkan anak-anak mulai dari mengenalkan diri sampai
mengeluarkan pendapatnya.
Referensi
Alamanda, D. T., & Ramdhani, A. (2018). Strategi Pemasaran. Garut: Universitas Garut.
Bulandari, P. H., Santosa, H. P., Yulianto, M., & Naryoso, A. (2015). Public Speaking Ability Analysis of Traffic Police
Officer In Socialization Traffic Rule in resort Ungaran, Kabupaten Semarang. Interaksi Online, 3(2).
Hakim, M. A. R. (2016). Pengembangan Materi Bahan Ajar Public Speaking Berbasis Communicative Language
Teaching Bagi Mahasiswa Di Indonesia. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 229–238.
https://doi.org/10.1161/MHJ.V4I3.187
Hamdani, N. A., & Ramdhani, A. (2019). Teori Organisasi. Bandung: Karima.
Hasyim, M., & Irwan, w D. (2014). Pelatihan Public Speaking Pada Remaja Dan Anak-Anak Dusun Puluhan, Desa
Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. AJIE (Asian Journal Of Innovation and Entrepreneurship, 3(2), 96–
Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/7813
Kania, I. & Adnan, I. Z. (2007).Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelaksanaan peran Gender dalam
Industri Kecil Rumah Tangga Kabupaten Garut”. Jurnal Ilmiah Gender, (Http://www.wri.or.id).
Kurniawan, A. W. (2018). Pengaruh kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kepuasan
kerja, motivasi kerja, dan kinerja karyawan Bank Sulselbar. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 16(4),
–408.
Prayoga, D. D., Kurniawan, A. W., Adnan, I. Z., & Nurhadi, Z. F. (2018). Komunikasi Militer Pada Remaja Dalam
Mengambil Keputusan Menjadi Prajurit Tni-Ad Di Korem 062 Tarumanagara Garut. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar
Studi Komunikasi), 4(1), 32. https://doi.org/10.25124/liski.v4i1.1248
Sirait, C. B. (2007). The power of public speaking: kiat sukses berbicara di depan publik. Gramedia Pustaka Utama.
Steven, A., Beebe, S., Streich, R., & McLaughlin, E. (2009). Public speaking: An audience centered approach.
Sumrahadi, Azis, E., Respati, N. P., Kania, I., & Rahmadhanty, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Transformasional,
Stres Kerja, Kepuasan Kerja, dan Turnover Intention pada Karyawan Perusahaan Penyedia Jasa Konsultasi
Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora, 2(1), 1–16