Pengaruh Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Terahadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama

  • Ema Rismayanti Universitas Garut
  • Enung Trisnawati Universitas Garut
  • Ikeu Kania Kania Universitas Garut

Abstract

Di beberapa SMP Negeri yang berada di kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut masih banyak tenaga pendidik/guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan masih banyak guru yang mengajar merangkap dengan mata pelajaran lain yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, sehingga mutu pembelajaran yang dihasilkan masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional tenaga pendidik mutu pembelajaran, dan seberapa besar pengaruh kompetensi profesional tenaga pendidik terhadap mutu pembelajaran di SMPN Kecamatan Pakenjeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang Pendidikan di SMP Negeri Kecamatan Pakenjeng yang berjumlah 30 tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.  Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode deskriptif analitik dan teknik survey, sejumlah data diolah dengan statistik, data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan  menggunakan  analisis  data  regresi  sederhana  dengan bantuan  SPSS  23. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kompetensi profesional tenaga pendidik berpengaruh  terhadap  mutu pembelajaran di sekolah menengah pertama di kecamatan pakenjeng kabupaten garut sebesar 26,9%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional mampu meningkatkan mutu pembelajaran.

References

Di beberapa SMP Negeri yang berada di kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut masih banyak tenaga pendidik/guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan masih banyak guru yang mengajar merangkap dengan mata pelajaran lain yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, sehingga mutu pembelajaran yang dihasilkan masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional tenaga pendidik mutu pembelajaran, dan seberapa besar pengaruh kompetensi profesional tenaga pendidik terhadap mutu pembelajaran di SMPN Kecamatan Pakenjeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang Pendidikan di SMP Negeri Kecamatan Pakenjeng yang berjumlah 30 tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode deskriptif analitik dan teknik survey, sejumlah data diolah dengan statistik, data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data regresi sederhana dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional tenaga pendidik berpengaruh terhadap mutu pembelajaran di sekolah menengah pertama di kecamatan pakenjeng kabupaten garut sebesar 26,9%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional mampu meningkatkan mutu pembelajaran.
Published
2022-06-20
How to Cite
RISMAYANTI, Ema; TRISNAWATI, Enung; KANIA, Ikeu Kania. Pengaruh Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Terahadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 29-35, june 2022. ISSN 2614-2511. Available at: <https://jurnal.fisip.uniga.ac.id/ojs30/index.php/jpkp/article/view/135>. Date accessed: 29 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.36624/jpkp.v12i2.135.