Pengaruh Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Terahadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ema Rismayanti Universitas Garut
  • Ikeu Kania Universitas Garut
  • Enung Trisnawati Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.36624/jpkp.v12i2.82

Keywords:

kompetensi profesional, pendidikan, regresi

Abstract

Di beberapa SMP Negeri yang berada di kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut masih banyak tenaga pendidik/guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan masih banyak guru yang mengajar merangkap dengan mata pelajaran lain yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, sehingga mutu pembelajaran yang dihasilkan masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional tenaga pendidik mutu pembelajaran, dan seberapa besar pengaruh kompetensi profesional tenaga pendidik terhadap mutu pembelajaran di SMPN Kecamatan Pakenjeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang Pendidikan di SMP Negeri Kecamatan Pakenjeng yang berjumlah 30 tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode deskriptif analitik dan teknik survey, sejumlah data diolah dengan statistik, data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data regresi sederhana dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional tenaga pendidik berpengaruh terhadap mutu pembelajaran di sekolah menengah pertama di kecamatan pakenjeng kabupaten garut sebesar 26,9%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional mampu meningkatkan mutu pembelajaran.

References

Amanah, I. M., & Hermawan, A. H. (2021). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan

Kompetensi Profesional. Jurnal Islamic Education Manajemen, 6(1), 55–62.

Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A. (2019). Pengaruh

Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian

Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105.

https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7889

Hakim, L. (2014). Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Keagamaan Jambi. Media Akademika,

(3).

Hendra, F. (2018). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Keterampilan Berbahasa Arab. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan

Kebahasaaraban, 5(1), 103–120. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7480

Iriany, I. S., & Paciana, R. (2019). The Improvement of High Education Quality in Indonesia

Through the Character Education. Journal Of Educational Experts (JEE), 2(1), 15.

https://doi.org/10.30740/jee.v2i1p15-26

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi dan Penerapannya dengan R. Prenada

Media.

Muhammad Ali Ramdhani, & Abdullah Ramdhani. (2016). Penelitian Pemasaran (1st ed.). Pusat

Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). PENGARUH MUTU PEMBELAJARAN ONLINE

DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SAAT

PANDEMI COVID19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2).

Ramdhani, M. A., Ramdhani, A., & Kurniati, D. M. (2011). The influence of service quality

toward customer satisfaction of Islamic sharia bank. Australian Journal of Basic and

Applied Sciences, 5(9), 1099–1104.

Ruatiana, E., Kania, I., Ramdhani, A., & Cupiadi, H. (2019). The Impact of Public Service Quality

on Holidays towards Visitors’s Satisfaction. 1st International Conference on Administration

Science (ICAS 2019) The, 80–84. https://doi.org/10.2991/icas-19.2019.17

Sappaile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap

Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi

Pendidikan, 19(1), 66–81.

Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap

Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130.

https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaf & Kualitatif. alfabeta.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wahyu Andiryas Kurniawan, Dini Turipanam Alamanda, Abdullah Ramdhani, & Gugun Geusan

Akbar. (2019). Modul Praktika Komputer II (1st ed.).

Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu

Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan

Agama Dan Keagamaan, 16(3), 263–274. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.488

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Rismayanti, E., Kania, I., & Trisnawati, E. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Terahadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 12(2), 28–35. https://doi.org/10.36624/jpkp.v12i2.82